Laman

Jumat, 22 Juli 2011

Tahukah AntaTahukah Anta

1). Membaca Al-Qur'an diwaktu malam
-Dari abdullah bin amr ibn Al-Ash ra bahwa Rasulullah saw. Bersabda , ''Barang siapa yang bangun malam membaca sepuluh ayat akan di catat sebagai orang yang tidak lalai, siapa yang membaca seratus ayat akan di catat sebagai orang yang mantap dan kuat, siapa yang membaca seribu ayat dicatat sebagai orang yang kaya raya. '' (HR ibu Dawud, Ibnu Huzaimah)

2). Empat tipe orang beribadah
-Tahukah anta, apa yang menjadi motivasi orang untuk melakukan kegiatan ritual(beribadah) kepada Allah? jika kita merujuk pada al-Quran , kita tak bisa mengelak untuk tidak beribadah sebab manusia (juga jin) diciptakan Allah tidak lain kecuali untuk menyembah kepadaNya. Namun, manusia memang merupakan makhluk yang diberikan pilihan. Tak salah jika dalam sehari-hari, sebagaimana dikatakan M.Quraish Shihab, kita bisa menjumpai 4 tipe orang dalam melakukan ibadah.
1. Seorang yang melakukan ibadah demi imbalan (surga).
2. Seseorang yang beribadah karena takut siksa neraka. Hal ini memperagakan sikap bidak atau buruh terhadap majikan (Tuhan).
3. Seseorang yang bersikap arif, karena dia beribadah dengan menyadari berapa besar anugrah yang telah diberikan Tuhan sehingga dia beribadah demi Allah semata.
Tidak mengharap lain , kecuali hanya utk Allah.
4. Tipe robot yang melakukan ibadah secara otomatis (grubyak-grubyuk)
Tanpa sebuah pemikiran dan penghayatan bahkan tidak mengerti apa esensi dan tujuan yang dilakukan.

3). Ilmu dalam Al-Qur'an
-Imam al-Ghazali (w. 505 H), ulama terkemuka abad ke -6 H menulis , ''Sesungguhnya al-Qur'an itu merangkumi 77.200 ilmu, karena pada setiap perkataannya ada ilmu dan ilmu itu berlipat ganda 4 kali karena pada setiap perkataan itu ada yang zahir, batin, pembatas dan pemula''.

4). Penemu Benua Amerika
-Cristhoper Columbus dikenal sebagai penemu benua Amerika, setelah dia menginjakan kaki di benua tersebut pada 12 Oktober 1492. Tapi menurut catatan sejarah dan ahli geografi muslim Al-Mas'udl (871-957 M), Khashakhas ibn said ibn Asward( Navigator Muslim dari cordoba di Andalusia) justru telah sampai di benua Amerika itu jauh-jauh sebelumnya, yakni tahun 889 M.

5). Jumblah utusan Tuhan
-Menurut Maulana WahiduddinKhan,
Adam adalah manusia pertama di dunia ini dan sekaligus juga sebagai nabi pertama. Setelah itu, baru diikuti sederetan panjang nabi-nabi hingga diakhiri oleh Imam Mahdi. Menurut ulama dari india ini, seluruh utusan Tuhan itu berjumblah 124.000, diantaranya terdapat 25 rasul, 315 Nabi yang lahir dari berbagai negara dan kebangsaan yang berbeda-beda pula.

6). Strategi Dakwah sunan Kalijaga
-Sunan Kalijaga adalah salah satu dari walisongo (sembilan). Sebagai seorang wali dia dikenal telah menyebarkan agama Islam di wilayah kadilangu (dekat demak) yang memiliki keluasan dan keluwesan budaya sehingga dengan arif memadukan nilai-nilai islam ke dalam budaya Jawa. Dia juga pandai memainkan wayang sehingga gemelan yang pada saat itu jadi hiburan massal kemudian dijadikan sebagai '' media pengislaman'' yang didilai efektif.

7). Kunci Surga
-diriwayatkan Oleh Baiquni dari Muadz bin Jabal bahwa Rasulullah bersabda kepadanya sewaktu beliau mengutusnya ke Yaman, ''Sesungguhnya kamu nanti akan bertemu dengan kaum ahli kitab, lalu mereka akan bertanya kepadamu tentang kunci surga. Jawablah bahwa kuncinya adalah bersaksi bahwa tidak ada TUHAN SELAIN ALLAH .'' (NM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar